DONASI IKLAN

DIANTARA TANDA DITERIMANYA AMAL SESEORANG

👤 Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah berkata :

فإن الله إذا تقبل عمل عبد وفقه لعمل صالح بعده كما قال بعضهم : ثواب الحسنة الحسنة بعدها فمن عمل حسنة ثم اتبعها بعد بحسنة كان ذلك علامة على قبول الحسنة الأولى كما أن من عمل حسنة ثم اتبعها بسيئة كان ذلك علامة رد الحسنة و عدم قبولها

“Jika Allah menerima amalan seorang hamba, Allah akan memberi taufik untuk melakukan amalan shalih setelah itu. Sebagaimana dikatakan oleh sebagian ulama, ‘Balasan dari kebaikan adalah kebaikan selanjutnya.’ Oleh karena itu, siapa yang melakukan kebaikan lantas diikuti dengan kebaikan selanjutnya, maka itu tanda amalan kebaikan yang pertama diterima. Sedangkan yang melakukan kebaikan lantas setelahnya malah ada kejelekan, maka itu tanda tertolaknya kebaikan tersebut dan tanda tidak diterimanya.” (Lathaif Al-Ma’arif, 388)

👤 Ibnu Katsir Rahimahullah berkata :

مِنْ ثَوَابِ الحَسَنَةِ الحَسَنَةُ بَعْدَهَا، وَمِنْ جَزَاءِ السَّيِّئَةِ السَّيِّئَةُ بَعْدَهَا

“Di antara balasan kebaikan adalah kebaikan selanjutnya dan di antara balasan kejelekan adalah kejelekan selanjutnya.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 7: 583)

Saudaraku.. bersemangatlah dalam melakukan kebaikan, dan ingatlah selalu bahwasanya :

ثَوَابُ الحَسَنَةِ الحَسَنَةُ بَعْدَهَا

“Balasan dari kebaikan adalah kebaikan setelahnya.”

🔴 Mari muhasabah diri kita, jika selama ini setelah kita melakukan amalan kebaikan dan Allah beri kita taufik untuk melakukan amalan kebaikan setelahnya, itu salah satu tanda bahwa amalan kita diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala..

🔴 Tetapi jika sebaliknya yang terjadi..? Maka perbaiki diri kita, perbaiki niat kita, perbaiki amalan-amalan kita, IKHLASKAN dan LURUSKAN NIAT serta ITTIBA’ lah (beramal sesuai dengan mengikuti petunjuk Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang ada dalam hadits-hadits shahihnya)..

Semoga Allah senantiasa jadikan kita orang-orang yang selalu memperbaiki diri dan bersemangat dalam beramal shalih, serta dimudahkan untuk istiqomah dengannya…

Semoga Allah mudahkan kita dalam kebaikan dan ketakwaan… WA Al Jihad