MENUAI ILMU DENGAN BELAJAR

Dari Muawiyah bahwa Rasulullah bersabda, “Wahai sekalian manusia, belajarlah. Ilmu hanya bisa didapatkan dengan belajar. Pemahaman didapatkan dengan cara berusaha memahami. Barangsiapa yg Allah kehendaki baginya kebaikan, Allah pahamkan ia dalam ilmu agama.” (HR. Ibnu Abi Ashim dan at-Thabarani dan dinyatakan sanadnya hasan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari)

Ibnu Mas’ud pernah menyatakan, “Sesungguhnya seseorang tidaklah terlahirkan langsung berilmu. Hanyalah ilmu bisa didapatkan dengan cara belajar.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannafnya dan seluruh perawinya terpercaya)

Yang dimaksud dengan belajar adalah semua proses menimba ilmu, seperti: mendatangi majelis ilmu untuk mendengarkan faidah ilmu dari al-Quran maupun hadits yg shahih, atau bertanya kepada orang yg berilmu. Bisa juga membaca karya orang yg berilmu. Termasuk juga mencatat ilmu, merangkumnya, dan meringkasnya.

ILMU TIDAK DIRAIH DENGAN BADAN YANG MALAS

Abdurrahman bin Abu Hatim berkata, “Ilmu agama tidaklah bisa diraih dengan badan yg bersantai-santai.” (Siyar A’lamin Nubala’, 13/266)

Abu Ad Darda mengatakan, “Seandainya saya mendapatkan satu ayat dari al-Qur’an yg tidak saya pahami & tidak ada seorang pun yg bisa mengajarkannya kecuali orang yg berada di Barkul Ghamad (yg jaraknya 5 malam perjalanan dari Mekkah), niscaya aku akan menjumpainya”. Sa’id bin al-Musayyab juga mengatakan, “Saya terbiasa melakukan rihlah berhari-hari untuk mendapatkan satu hadits.” (Al Bidayah Wan Nihayah, Ibnu Katsir, 9/100)

Ayah dari Yahya bin Ma’in adalah seorang sekretaris Abdullah bin Malik. Ketika wafat, beliau meninggalkan 100.000 dirham untuk Yahya. Namun Yahya bin Ma’in membelanjakan semuanya untuk belajar hadits, tidak ada yg tersisa kecuali sandal yg bisa ia pakai. (Tahdzibut Tahdzib, Ibnu Hajar, 11/282)

Demikianlah para ulama kita. Semoga Allah membakar semangat kita untuk mempelajari agama ini, walaupun tidak bisa seperti semangatnya para ulama, setidaknya mendekati mereka.

Sumber: WA masjid Aljihad

Tinggalkan Balasan